Kerusakan Peripheral Pada Komputer

Rabu, 04 Mei 2011

Dalam mengoperasikan PC, kita kadang - kadang menemui suatu masalah di peripheral kita. Seperti, keyboard tidak dapat terdeteksi, fan tidak bisa berputar, mouse tidak dapat terdeteksi, dll. Sebelum kita menggantinya dengan yang baru, tidak ada salahnya apabila kita memerbaikinya terlebih dahulu. Berikut beberapa kerusakan - kerusakan pada peripheral dan solusi mengatasinya.


1. Keyboard atau mouse tidak terdeteksi
        Periksa kabel konektor ke CPU, apa sudah tertancap dengan benar atau belum. Apabila sudah tertancap dengan benar, kemungkinan keboard atau mouse sudah rusak.













2. Fan pendingin processor tidak bisa berputar
        Pastikan kabel power sudah terpasang. Bersihkan kotoran-kotoran yang ada didalamnya. Lepas penutup poros fan, serta diberi sedikit pelumas supaya gerakan fan tidak ada hambatan. Jika sambungan kabel power sudah benar dan fan sudah bersih dari kotoran tetapi masih tetap mati, kemungkinan besar fan rusak.




3. Monitor tidak mau menyala
        Pada saat proses booting komputer, tombol power yang terdapat pada monitor sudah ditekan tetapi monitor tetap gelap dan tidak mau menyala. Pastikan bahwa tombol power dalam keadaan ON. Jika lampu indikator tidak menyala, lihat kabel power baik pada monitor maupun yang ke sumber listrik. Pastikan bahwa pemasangan sudah benar. Apabila tetap tidak menyala, gantilah dengan kabel power lain. Jika lampu indikator pada monitor hidup dan berwarna orange atau berkedip-kedip, cek kabel video yang menghubungkan monitor dengan CPU apakah sudah terpasang dengan baik dan benar.

4. Warna tampilan pada monitor berubah
        Periksa kabel konektor ke CPU, coba gerak - gerakkan. Apabila masih belum normal mungkin monitor sudah rusak.


5. Hardisk/ DVD Room/ Floopy Disk tidak terdeteksi
        Periksa kabel socket dan kabel power, sudah terpasang dengan benar atau tidak. Apabila belum bisa, coba ganti kabel socket lain. Apabila masih belum bisa, kemungkinan peripheral tersebut sudah rusak.

6. Speaker tidak dapat berbunyi
        Kemungkinan driver audio belum terinstal. Instal driver audio sesuai dengan merk motherboard yang digunakan. Pastikan konektor speaker tertancap dengan benar pada CPU.

0 komentar:

Posting Komentar